Minggu, 07 Juli 2013

DEWI DRESANALA


DEWI DRESANALA

DEWI DRESANALA adalah putri Sanghyang Brahma dengan permaisuri Dewi Rarasyati/Raraswati. Ia mempunyai tiga belas saudara kandung, diantara mereka yang dikenal dalam cerita pedalangan adalah Dewi Bramanisri yang dianugerahkan kepada Garuda Briawan/Suwarna/Aruni dan menurunkan golongan garuda. Kemudian Dewi Bramaniyuta yang menikah dengan Bhaþàra Srinada/Prabu Basurata, raja negara Wirata, berputra Dewi Bramaneki yang menikah dengan Bambang Parikenan, turun temurun menurunkan trah Wukir Retawu sampai keluarga Kurawa dan Pandawa .Saudaranya yang lain Dewi Bremani yang menikah dengan Prabu Banjaranjali yang menurunkan raja-raja negara Alengka termasuk Prabu Dasamuka.
Dewi Dresanala juga mempunyai delapan orang saudara seayah lain ibu, putra-putra Dewi Saci dan Dewi Sarasyati. Diantaranya yang dikenal adalah ; Bhaþàra Brahmanaresi yang menikah dengan Dewi Srihuna, putri Sanghyang Wisnu, berputra Bhaþàra Parikenan. Kemudian Bhaþàra Bramanasadewa yang menikah dengan Dewi Srinadi, putri Sanghyang Wisnu, berputra Prabu Brahmakestu yang menurunkan Prabu Canderakestu dan Prabu Suryakestu, raja-raja di wilayah negara Maespati.
Dewi Dresanala pernah dianugerahkan kepada Arjuna, satria Pandawa yang waktu itu menjadi raja di kahyangan Kainderan atas jasanya membunuh Prabu Niwàtakawaca raja raksasa negara Manikmantaka. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh seorang putra yang diberi nama; Wisanggeni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar