Minggu, 07 Juli 2013

DEWA RUCI


DEWA RUCI 
DEWA RUCI mempunyai wujud dan bentuk sebagai Dewa Kerdil. Tokoh Dewa Ruci hanya dikenal dalam cerita pedalangan Jawa dan hanya ditampilkan saat Bhìma/Werkudara, putra kedua Prabu Pàóðu raja negara Astina dengan permaisuri Dewi Kunti, mendapat perintah Resi Droóa untuk mencari Air Prawitasari.
Dengan kesaktiannya, Dewa Ruci dapat memasukkan tubuh Bhìma yang besarnya beberapa kali lipat dari tubuhnya, masuk ke dalam tubuhnya melalui lubang telinga, dimana di dalamnya Bhìma dapat melihat segala persoalan hidup atas petunjuk Dewa Ruci. Ia juga merupakan satu-satunya makhluk yang dapat membuat Bhìma, orang yang selama hidupnya tidak pernah/bisa berlutut dan bersujud, bisa berlutut dan bersujud kepadanya.
Kepada Bhìma. Dewa Ruci memberikan dan menjabarkan ilmu kasampurnaan. Ia banyak menguraikan masalah kebenaran sejati, tentang hakekat dan tujuan hidup yang sebenarnya. Berkat ajarannya, Bhìma menjadi satria yang berbudi luhur. Tahu mana antara hak dan kewajiban, mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah dan harus dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar