Minggu, 07 Juli 2013

Bathara Surya atau Dewa Matahari,




Bhaþàra Surya adalah Dewa Matahari yang bertugas menerangi dunia, memberi perkembangan hidup dan kesehatan kepada semua makhluk yang terjadi disiang hari. Bhaþàra Surya adalah putra keenam Sanghyang Ismaya dengan Dewi Senggani. Ia mempunyai sembilan orang saudara kandung, masing-masing bernama; Bhaþàra Wungkuam, Bhaþàra Tambora, Bhaþàra Wrahaspati, Bhaþàra Siwah, Bhaþàra Kuwera, Bhaþàra Candra, Bhaþàra Yama/Yamadipati, Bhaþàra Kamajaya dan Dewi Darmanasti.
Bhaþàra Surya mempunyai tempat tinggal di Kahyangan Ekacakra. Ia mempunyai tiga orang permaisuri yaitu; kakak beradik Dewi Ngruna dan Dewi Ngruni, serta Dewi Prati/Dewi Haruni, putri Hyang Ramaparwa, putra Sanghyang Wening. Dengan Dewi Ngruna, Bhaþàra Surya berputra Resi Suwama yang kemudian menurunkan bangsa Garuda. Dengan Dewi Ngruni berputra ; Dewi Suryawati yang kemudian diperistri oleh Gatotkaca, dan Bhaþàra Suryanirada. Sedangkan dengan Dewi Prati, Bhaþàra Surya berputra Bhaþàra Rawiatmaja yang kemudian menurunkan raja-raja Maespati, trah pertapaanArgasekar, trah pertapaan Grastina/keturunan Resi Gotama dengan Dewilndradi.
Secara tidak resmi, Bhaþàra Surya juga mengawini Dewi Kunti dan berputra Suryatmaja/Adipati Kama. Bhaþàra Surya juga memberikan Cupu ManikAstagina kepada Dewi Indradi yang mengakibatkan ketiga putra Dewi Indradi, yaitu ; Dewi Anjani, Subali dan Sugriwa berubah wujud menjadi kera.
Bhaþàra Surya mempunyai kereta yang ditarik oleh tujuh ekor kuda dan pernah dipinjam Batahra Wisnu untuk memusnahkan Prabu Watugunung, raja Gilingwesi. Bhaþàra Surya pula yang mengetahui tatkala Ditya Kalarahu mencuri Tirta Amerta, hingga persembunyiannya dapat diketahui dan dapat dibinasakan oleh Bhaþàra Wisnu.

1 komentar: