Minggu, 07 Juli 2013

Bathari DURGA atau Dewi Pramuni atau Dewi Danapati



Bhaþàrì DURGA pada mulanya bernama Dewi Danapati/Dewi Pramuni. Bertahun - tahun ia bertapa di hutan Krendayana karena bercita-cita ingin menjadi istri Sanghyang Manikmaya, raja Tribhuwana. Keinginannya terkabul, tetapi hanya badan wadagnya/raganya saja. Oleh Sanghyang Manikmaya, badan halusnya/sukmanya ditukarkan dengan badan halus/sukma Dewi Umayi yang pada waktu itu badan raganya telah menjadi raseksi bernama Bhaþàrì Durga.
Oleh Sanghyang Manikmaya, Bhaþàrì Durga ditempatkan di Kahyangan Setragandamayit/Setraganda Umayi di hutan Krendayana, menjadi ratu/penguasa golongan makhluk siluman. Setelah berputra Bhaþàra Dewasrani sebagai istri Sanghyang Manikmaya, Bhaþàrì Durga kemudian dinikahkan dengan Bhaþàra Kala, putra bungsu Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Umayi. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh lima orang putra masing-masing bernama ; Bhaþàra Siwahjaya, Bhaþàrì Kalayuwati, Bhaþàra Kalayuwana, Bhaþàra Kalagota dan Bhaþàra Kartinea.
Sebagai penguasa makhluk siluman, Bhaþàrì Durga berhak memberi anugrah kepada para pemujanya, baik berupa harta benda/kekayaan ataupun ilmu kesaktian. Karena berwujud akyan/badan halus, Bhaþàrì Durga bersifat abadi, hidup sepanjang jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar