Minggu, 07 Juli 2013

Bathara GANESA atau Bathara GANA




Bhaþàra GAÓEÚA disebut pula dengan nama Bhaþàra Gana. Ia dewa ilmu pengetahuan berwujud raksasa berkepala gajah. Bhaþàra Ganesa adalah putra Bhaþàra Guru/Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Uma. Ia lahir atas keinginan Bhaþàra Guru yang menginginkan seorang putra yang ahli dalam hal mendidik. Hal ini karena Bhaþàra Guru ingin menyadarkan Prabu Nilarudraka, raja raksasa dari negara Glugutinatar yang dengan pasukan gajahnya mengamuk di Suralaya agar keinginannya memperistri Dewi Gagarmayang dikabulkan Bhaþàra Gum.
Dewi Uma yang saat itu sedang mengandung, sangat terkejut dan lari ketakukan begitu melihat gajah Erawana, kendaran Bathra Indra, yang sangat luar biasa dalam bentuk dan wujudnya serta mempunyai kesan sangat mengerikan dan menakutkan. Pengaruh ketakutan itu terwujud pada kelahiran putranya yang berwujud raksasa berkepala gajah. Anak tersebut kemudian diberi nama Bhaþàra Ganesa.
Bhaþàra Ganesa kemudian dibawa ke medan perang untuk dihadapkan dengan Prabu Nilarudraka. Dalam peperangan, Bhaþàra Ganesa akhimya dapat membunuh dan membmasakan Prabu Nilarudraka, sedangkan pasukan gajah Glugutinatar dapat dihancurkan pasukan gajah Suralaya dibawah pimpinan Batahra Indra yang menaiki gajah Erawana.
Dalam masa hidupnya, Bhaþàra Ganesa bertugas memberi pelajaran ilmu pengetahuan kepada umat di Tribuana. Oleh karena itu ia diagung-agungkan sebagai lambang sumber segala ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar