Minggu, 07 Juli 2013

BATHARA KAMAJAYA




BHAÞÀRA KAMAJAYA mempunyai wajah sangat tampan. Ia merupakan makhluk yang berwajah paling tampan di Tribuana (jagad Mayapada, Madyapada dan Arcapada). Bersama isterinya, Dewi Ratih/Kamaratih, putri Bhaþàra Soma, kedua suami-istri tersebur mempakan lambang kemkunan suami-istri di jagad ray a. Mereka terkenal sangat rukun, tidak pernah berselisih, sangat setia satu sama lain dan cinta mencintai.
Bhaþàra Kamajaya adalah putra kesembilan dari kesepuluh orang saudara kandung putra Bhaþàra Ismaya dengan Dewi Senggani. Kesembilan orang saudaranya masing-masing bernama; Bhaþàra Wungkuam, Bhaþàra Tambora, Bhaþàra Wrahaspati, Bhaþàra Siwah, Bhaþàra Kuwera, Bhaþàra Candra, Bhaþàra Yama/Yamadipati, Bhaþàra Surya dan Dewi Darmanesti.
Bhaþàra Kamajaya bertempat tinggal di Kahyangan Cakrakembang. Ia memiliki senjata pamungkas berupa panah sakti bernama Kyai Pancawisaya. Bhaþàra Kamajaya pernah ditugaskan oleh Sanghyang Manikmaya untuk menurunkan Wahyu Cakraningrat kepada Raden Abimanyu/Angkawijaya, putra Arjuna dengan Dewi Sumbadra, sebagai pasangan Wahyu Hidayat yang diturunkan oleh Dewi Ratih kepada Dewi Utari, putri Prabu Matswapati, raja negara Wirata. Bhaþàra Kamajaya sangat sayang kepada Arjuna, dan selalu membantu serta melindunginya bila Arjuna menghadapi suatu permasalahan danmarabahaya.
Sebagai makhluk yang berwujud “akyan” hidup Bhaþàra Kamajaya bersifat abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar