Rabu, 09 Mei 2012

Ringkasan Mahabharata Parwa 6 - Bhisma Parva

Sudah baca Ringkasan Mahàbhàrata Parwa 5 - Udyoga Parva?
Kalo sudah ayo lanjut ke cerita 6 yaa.. :)

Bhìûmaparva

Parva ini merupakan parva ke-6 Mahàbhàrata. Parva ini menceritakan tentang persiapan panjang dari perang Mahàbhàrata. Doa Gìtà yang terkenal di dunia pun dihubungkan dengan layar ini, dimana Úrì Kåûóa membimbing Arjuna agar tidak ragu-ragu untuk berperang meskipun lawannya adalah saudara dan kerabatnya sendiri. 
Bhìûma sedikit menahan diri dalam peperangan ini ketika berhadapan dengan Úikhaóði; dan akhirnya Arjuna mengalahkan Bhìûma dengan panah-panahnya. Terdiri dari 4 subparva dengan jumlah seluruh úloka seluruhnya sebanyak 5.957 buah. Berikut uraian sepints tentang isi kitab Bhìûmaparva: 

 (1) Jaýbhukhandavinirmana parva (terdiri dari 395 úloka)
Penempatan tentara di Jambhukhanda Bertemu Maharûi Vyàsa di Jaýbhukhanda Ciri-ciri Jambhukhanda Penjelasan tentang sifat dunia Pemaparan tentang Sudarúana dvìpà Penjelasan tentang ukuran dunia Penjelasan tentang Malyavat. Sumpah Dhåtaràûþra Cerita tentang Bhàrata Pemaparan tentang lamanya kehidupan

 (2) Bhùmì parva (terdiri dari 92 úloka)
Merupakan penjelasan deskriftif Sañjaya kepada Dhåtaràûþra tentang wilayah Úakadvìpa dan Uttaràkuru di bumi

 (3) Bhagavadgìtà parva (terdiri dari 1.048 úloka)
Berita tentang kematian Bhìûma Permintaan Dhåtaràûþra Perundingan antara Duryodhana dan Duáúàsana Pemaparan tentang pasukan Kesatuan pasukan Pàóðava Pemaparan tentang pasukan itu Musyawarah antara Arjuna dan Yudhiûþhira Perundingan antara Úrì Kåûóa dan Arjuna Lagu pujian kepada Durgà Perundingan antara Dhåtaràûþra dan Sañjaya Keputusasaan Arjuna Pemaparan Saýkhya-yoga Pemaparan Karma-yoga Jñàna-Karma-Sannyasayoga Perenungan tindakan terdahulu Pengendalian diri Ilmu dan pengetahuan Kekekalan Brahman Ilmu dan m istri yang terbesar Asal mula kekuatan gaib Kekuatan takdir Kekuatan pengorbanan Pemaparan tentang Kûetra dan Kûetrajña Tiga tingkatan alam Pemaparan tentang kekuatan yang abadi Ciptaan yang baik dan jahat Tiga jenis kesetiaan Tiga jenis Saònyàsa

 (4) Bhìûmavadha parva (terdiri dari 4.422 úloka)
Penghormatan Yudhiûþhira pada Bhìûma dan lainnya Awal pertempuran (hari pertama) Sebuah pertempuran Pembantaian besar-besaran Pertarungan dengan Kastùrì (musang) Kematian Úveta Hari pertama peperangan Pàóðava membuat Krauñca Vyùha Membuat Kuru Vyùha Pertempuran Bhìûma dan Arjuna Pertarungan Dhåûþadyumna dan Droóa Kematian Raja Kaliòga (pertempuran hari kedua) Garuða dan pembuatan upacara Vyùha Permulaan hari ketiga perang Perundingan Bhìûma dan Duryodhana (pertempuran hari ketiga) Pertarungan Bhìûma dan Arjuna Terbunuhnya putra Samyamani Pertunjukan kekuatan Bhìûma Pertemuan Sàtyaki dan Bhùriúravà. Penarikan pasukan pada hari keempat pertempuran. Sabda Viûóu Sejarah pembentukan dunia Kelahiran dan kemuliaan Keúava Kemuliaan Úrì Kåûóa. Awal pertempuran di hari kelima Pertempuran yang dahsyat Kegagahan Bhìûma Pertempuran satu lawan satu Akhir pertempuran di hari kelima Awal pertempuran di hari keenam Pemikiran Dhåtaràûþra Kegagahan Droóa Kegagahan Bhìma Pertarungan yang dahsyat Penarikan pasukan di hari keenam pertempuran. Perundingan antara Bhìûma dan Duryodhana Awal pertempuran di hari ketujuh Pertempuran satu lawan satu Pertemuan Arjuna dan Suúarma Rusaknya kendaraan Citrasena Penarikan pasukan setelah hari ketujuh pertempuran. Awal pertempuran di hari ke delapan Terbunuhnya Àdityakeúu dan lain-lain Pertempuran di hari ke delapan Terbunuhnya Iravat Pertarungan putra Hiðimbha Penggambaran putra Hiðimbha Kegagahan Bhagadatta Penarikan pasukan di hari kedelapan pertempuran. Perundingan antara Bhìûma dan Duryodhana Perundingan antara Duryodhana dan Duáúàsana Munculnya pertanda Awal pertempuran dihari ke lima Pertemuan Arjuna dan Droóa Kegagahan Bhìma, Mahasenapati sebagai Panglima Tertinggi Pertempuran. Pertarungan Bhìûma dan Sàtyaki Pertemuan Úalya dan Yudhiûþhira Penghentian perang dihari ke sembilan perang Perundingan setelah penarikan pasukan di hari ke sembilan pertempuran. Percakapan Bhìûma dan Úikhaóðin Perundingan Bhìûma dan Duryodhana Pertemuan Arjuna dan Duúúàsana Pertarungan antara dua prajurit Perundingan antara Bhìûma dan Àúvatthàmà Kegagahan Bhìûmasena Kegagahan Bhìûma dan Arjuna Nasehat Bhìûma Perang dan terbunuhnya yang mengerikan Kegagahan Bhìûma Jatuhnya Bhìûma Penarikan pasukan setelah pertempuran di hari ke sepuluh Pemberian bantal kepada Bhìûma Nasehat Bhìûma Pertemuan Bhìûma dan Karóa. Pertempuran sengit berlangsung selama sepuluh hari.

Bersambung ke: Ringkasan Mahàbhàrata Parwa 7 - Droóa Parva
Baca juga

Ringkasan Mahabharata Parwa 1. Adiparwa
Ringkasan Mahabharata Parwa 2. Sabhaparwa
Ringkasan Mahabharata Parwa 3. Vanaparva/Aranyakaparva
Ringkasan Mahabharata Parwa 4 - Virata Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 5 - Udyoga Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 6 - Bhisma Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 7 - Drona Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 8 - Karna Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 9 - Salya Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 10 - Sauptika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 11 - Stri Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 12 - Santi Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 13 - Anusasana Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 14 - Asvamedika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 15 - Asramawasika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 16 - Mausala Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 17 - Mahaprasthanika Parva

Ringkasan Mahabharata Parwa 18 - Svargarohanika Parva


baca juga cerita-cerita sisipan yang terjadi, antara lain: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar