Senin, 07 Mei 2012

Ringkasan Mahabharata Parwa 4 - Virata Parva

Sudah baca Ringkasan Mahàbhàrata Parwa 3 - Vànaparva/Àraóyaka Parva

Kalo gitu lanjut ke cerita 5 yaa.. Viràta Parva

Viràta Parva

Parva atau buku ini merupakan buku ke-4 yang menceritakan tentang penyamaran Pàóðava selama tahun terakhir masa pengasingan mereka. Mereka menghabiskan masa ini di Viratanàgara tanpa dikenali. Ketika saudara ipar dari Raja Viràta mencoba untuk mengganggu Drupadì, Bhìma membunuhnya. 

Setelah masa tiga belas tahun itu berakhir, para Pàóðava membuka identitas mereka. Parva ini terdiri dari 4 subparva dengan jumlah úloka sebanyak 2.222 buah, yang masing-masing subparva menguraikan sebagai berikut. 

(1) Pàóðavapraveúa parva (terdiri dari 371 úloka)
       Pada bagian ini berisi uraian tentang nasehat Yudhiûþhira dan lain-lain termasuk Maharûi Dhaumya Pàóðava memasuki kota Viràta, pemujaan kepada Durgà, Yudhiûþhira mengunjungi pondok penyamaran Pàóðava, dan menemui saudara-saudaranya: Bhìma, Arjuna, Nakula, Sahàdeva dan dewi Draupadì. Cerita penghancuran Jimuta dan lain-lain.

(2) Kìcakavadha parva (terdiri dari 414 úloka)
       Percakapan antara Draupadì dan Kìcaka Draupadì pergi membawa anggur Penghinaan terhadap Draupadì Percakapan antara Draupadì dan Bhìma Kata-kata Draupadì Percakapan Penghancuran Kìcaka antara Bhìma dan Draupadì Penghancuran anak buah Kìcaka Kata-kata Sang Ratu kepada Sairandhri

(3) Goharana parva (terdiri dari 1.333 úloka)
       Kembalinya mata-mata, Kata-kata Karóa dan Duáúàsana, Kata-kata Droóa, Kata-kata Bhìûma, Kata-kata Kåpa, Kepergian Suúarma dan lain-lain ke Negara Matsya, Perjalanan pasukan, Pertemuan antara pasukan Suúarma dan pasukan Viràta, Kekalahan Suúarma, Pengumuman kemenangan Viràta, Pemujaan Uttarà, Usulan untuk membentuk Båhannala, Kepergian Uttarà, Hukuman Uttarà, Pemujaan Arjuna, Cerita tentang senjata Arjuna, Usaha untuk memperoleh senjata, Terlihatnya senjata itu oleh Uttarà, Cerita tentang senjata-senjata itu, Pengenalan Arjuna, Awal dari pertempuran Arjuna, Terlihatnya pertanda baik, Kata-kata Duryodhana, Kata-kata Karóa, Kata-kata Kåpa, Kata-kata Aúvatthàmà, Kata-kata Droóa, Penyusunan pasukan oleh Bhìûma, Kembalinya sang raja. Kekalahan Karóa Petunjuk Arjuna tentang Kuru kepada Uttarà, Kedatangan Dewata di tempat pertempuran, Pertempuran antara Arjuna dan Kåpa, Mundurnya Droóa, Pertempuran antara Arjuna dan Aúvatthàmà, Mundurnya Karóa, Pertempuran antara Arjuna dan Duáúàsana, Pembunuhan massal yang disebabkan oleh Pàrtha, Pertempuran Arjuna di Goharana, Kekalahan Bhìûma, Mundurnya Duryodhana, Kembalinya Uttarà ke kotanya, Perundingan antara Uttarà dan Viràta, Cerita Uttarà tentang perang.

(4) Vaivahika parva (terdiri dari 104 úloka)
       Cerita tentang Yudhiûþhira, usulan perkawinan Uttarà kepada Arjuna dan Pàóðava lainnya dilanjutkan dengan perkawinan Abhìmaóyu dengan Uttarì, adik Uttarà.

Bersambung ke: Ringkasan Mahàbhàrata Parwa 5 - Udyoga parva
Baca juga

Ringkasan Mahabharata Parwa 1. Adiparwa
Ringkasan Mahabharata Parwa 2. Sabhaparwa
Ringkasan Mahabharata Parwa 3. Vanaparva/Aranyakaparva
Ringkasan Mahabharata Parwa 5 - Udyoga Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 6 - Bhisma Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 7 - Drona Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 8 - Karna Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 9 - Salya Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 10 - Sauptika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 11 - Stri Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 12 - Santi Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 13 - Anusasana Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 14 - Asvamedika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 15 - Asramawasika Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 16 - Mausala Parva
Ringkasan Mahabharata Parwa 17 - Mahaprasthanika Parva

Ringkasan Mahabharata Parwa 18 - Svargarohanika Parva


baca juga cerita-cerita sisipan yang terjadi, antara lain: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar